31 Jan 2013

PANDI Pengelola Nama Domain Internet Indonesia



Sesuai dengan visinya, PANDI menjadi pengelola Nama Domain Internet Indonesia yang terpercaya, aman, stabil dan handal. Berdiri dan dibentuk dengan misi (salah satunya dan paling penting) menggalakkan dan memasyarakatkan kepada pemilik website di Indonesia baik perorangan maupun lembaga agar menggunakan atau memakai Nama Domain .id di situsnya. Dengan memakai nama domain .id, maka masyarakat Indonesia dapat langsung mengetahui siapa pemilik situs tersebut. 
Bekerja sama dengan Pemerintah Republik Indonesia, PANDI sebagai Pengelola Nama Domain Internet Indonesia telah memilih mitra/perusahaan untuk registry yang sudah terbukti handal dan terpercaya. Sebanyak 10 sub domain dengan nama domain .id dan 12 perusahaan terpilih, pada tahun 2012 PANDI telah mencatat sebanyak 344.266 situs yang mendatarkan situsnya di Indonesia. Para pemilik situs dengan nama domaid .id sebanyak 93.073 sedangkan nama domain non .id (.com, .net, .org, .info, .biz) sebanyak 241.193. Yang berarti masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh PANDI dan Registrarnya agar nama domain .id benar-benar membumi di Indonesia ini.


Dengan visi dan misinya, sebagai Pengelola Nama Domain Internet Indonesia, PANDI dan 12 Perusahaan Registrarnya (yang menjual domain dan hosting) masih harus bekerja keras agar nama domain .id menjadi kebanggaan para pemilik situs di Indonesia. Nama domain .id bagi para pemilik situs yang masih menggunakan nama domain .com, .net, .org dan .biz dirasakan masih belum mendunia apalagi untuk menempati Ranking Google di tangga pertama. Sedangkan menempati ranking pertama masih menjadi perhatian serius bagi para pemilik situs dan bahkan menjadi prioritas utama. Contoh nyata adalah para pemilik blog yang masih menggunakan sub domain gratisan lebih mengenal dan memilih .blogspot.com ketimbang Kompasiana atau Detik. Hal inilah yang menjadi pekerjaan rumah PANDI Pengelola Nama Domain Internet Indonesia dan 12 Registrarnya (Mitra) untuk melakukan sebuah terobosan yang spektakuler. Barangkali diperlukan sedikit pemaksaan yang bersifat tidak memaksa. Atau barangkali menunggu aturan global yang mengharuskan setiap pemilik situs di setiap negara harus menggunakan nama domain sesuai wilayah negara yang ditempatinya. 


PANDI dengan visi dan misinya, sebagai Pengelola Nama Domain Internet Indonesia tentu tak kekurangan cara agar para pemilik situs di Indonesia benar-benar senang dan secara sukarela menggunakan nama domaid .id. Bukan pekerjaan mudah dan gampang, akan tetapi bukan hal yang mustahil. Perlu pendekatan yang arif antara kedua belah pihak, PANDI Pengelola Nama Domain Internet Indonesia dan 12 mitranya di satu pihak dengan pemilik situs di Indonesia di pihak lainnya, agar nama domain .id menjadi identitas kebanggaan bangsa ini dan dapat dijadikan jati diri bagi bangsa ini. Pemerintah pun melalui Kominfo dengan segala kewenangannya dapat pula menyebarluaskan ke masyarakat, khususnya kepada para pemilik situs untuk menggunakan nama domain .id. Tidak semua masyarakat mengetahui nama domain .id ini adalah jati diri dan sekaligus identitas bagi situs yang bertempat di Indonesia.  Semoga masyarakat bangsa ini lebih bangga menjadi bangsa dengan identitas dan jati dirinya ketimbang dompleng ketenaran bangsa lainnya. Semoga 







Bahan diambil dari Situs PANDI

No comments: