9 May 2013

Kiprah Srikandi Blogger di Era Digital Sebagai Langkah Aktualisasi Perempuan Indonesia.

Tokoh-tokoh hebat yang telah membuat sejarah di bumi ini tidak bisa lepas dari peran seorang ibu dan/atau isteri. Sejak jaman pra sejarah sampai akhir zaman nanti. Seorang ibu adalah bagian dari sebuah keluarga yang awalnya adalah seorang anak, kakak atau adik bagi saudaranya. Saat menikah statusnya menjadi seorang isteri yang akan membantu suaminya menjadi orang hebat dan menjadi seorang ibu ketika anaknya telah lahir yang kelak akan mendidik dan membimbing putra/putrinya menjadi orang yang hebat pula. Di era digital ini, perempuan pun tidak mau ketinggalan. Mereka aktif pula di dunia maya dengan menorehkan kemampuan yang dimilikinya lewat situs blog gratisan maupun yang berbayar. Tidak cukup dengan julukan: ibu, emak, isteri, kakak, atau adik. Sebutannya lebih bergas, bernas, keren dan gaul: Srikandi Blogger. Srikandi adalah tokoh perempuan dalam pewayangan. Blogger adalah orang yang menulis atau memposting lewat blog. Srikandi Blogger dapat berarti perempuan-perempuan yang menjadi tokoh-tokoh yang mumpuni di dunia maya lewat postingan di blog yang dikelolanya. Melalui torehannya, perempuan berkiprah dan mengaktualisasikan dirinya (unjuk diri dan unjuk gigi) lewat karya-karyanya yang tidak saja meramaikan dunia blogging tetapi telah pula mengisi pengetahuan dan ketrampilan yang tidak dimiliki oleh kaum lelaki. Sedemikian jauh perempuan-perempuan yang berkiprah di dunia maya ini lambat laun dan pasti terbentuklah komunitas-komunitas antara peblogger perempuan dengan tujuan, visi dan misi yang sama: saling mengisi, saling berbagi dan saling memberi. Awalnya memang untuk komunitas itu sendiri. Keberadaanya yang semakin dibutuhkan, maka manfaatnya pun dapat dinikmati oleh orang lain. Demikian juga halnya dengan komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang semakin diakui eksistensinya dan aktualisasinya sebagai Srikandi Blogger Indonesia.

Perempuan di Era Digital.
Sebagai seorang ibu dan/atau isteri, mengatur rumah beserta isinya memang hak dan kewajiban yang telah melekat dan menjadi jati diri para kaum perempuan. Peranannya sebagai seorang ratu, yang tidak bisa digantikan kaum lelaki, kasih sayangnya tidak berkurang atau berubah kepada suami dan/atau anak meski seabreg kegiatan di luar rumah yang begitu menyita waktu. Dan semakin banyak lagi perempuan yang berkiprah di era digital ini, meski tanpa ke luar rumah pun sekalipun, telah mampu membuktikan keeksisannya lewat situs blog yang dimiliki. Yang tak boleh dilupakan dan diabaikan adalah para perempuan yang tidak mengenal dunia maya dan dunia luar telah pula melahirkan putra-putri hebat untuk bumi pertiwi ini. Lewat tangan lembutnya, blog yang dikelola oleh Srikandi Blogger di Indonesia, telah memberi banyak manfaat tidak hanya untuk para wanita tetapi juga para lelaki, memberi manfaat untuk orang lain. Inilah yang perlu digarisbawahi. Memberi manfaat, memberikan banyak manfaat. Para perempuan, khususnya ibu, lebih banyak memberi dari pada menerima. Dengan aktivitas harian yang dilakonimya mulai dari urusan sekasur, sedapur, sesumur, dan lebih luas lagi jangkauannya, lewat postingan diblognya memang sangat dibutuhkan dan dinantikan kehadirannya. Ketika seseorang sedang browsing mencari tahu tentang produk sabun cuci, ambil contoh Rinso, yang benar-benar mampu membersihkan pakaian dan tidak merusak tangan, tentulah tidak cukup hanya membuka situs dari produk itu saja. Tetapi akan mencari tahu lebih banyak lagi lewat blog yang dikelola oleh seseorang yang tiap harinya bergelut dengan merk tersebut yang bercerita tentang kelebihan dan kekurangannya. Dan untuk urusan ini hanya perempuanlah yang lebih pakar/ahli tentang kelebihan dan kekurangannya karena setiap hari merekalah yang menggunakan dan memakainya (meskipun ada juga yang memakai pembantu atau jasa laundry). Begitu pula Srikandi Blogger yang mengetahui cara membuat blog, tempat membeli laptop/notebook Acer yang murah, bisnis yang paling menguntungkan, cara mengasuh anak, cara membuat suami betah di rumah dan lain-lain, mereka tak segan-segan untuk membahasnya.

Srikandi Blogger Langkah Nyata Perempuan Indonesia di Era Digital.
Sepak terjang Srikandi Blogger yang telah diakui eksistensi dan keberadaannya, aktualisasinya di era digital merupakan langkah nyata perempuan Indonesia mendedikasikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sera kasih sayang keperempuannya untuk ikut serta membangun diri dan komunitas serta pembacanya agar menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat. Aksinya di dunia maya dengan membuka jati dirinya sebagai seorang perempuan tanpa kehilangan jati dirinya sebagai seorang perempuan juga merupakan salah satu alat pembuktian akan kemampuan perempuan di era digital ini. Kiprahnya semakin berarti lagi saat sifat keibuannya turut menghiasi. Sebagai perempuan, seorang ibu, seorang isteri, seorang kakak, seorang adik dengan predikat Srikandi Blogger, dapat menjadi tokoh perempuan di era digital dan mengilhami generasi-generasi yang sekarang dan akan datang menjadi orang hebat, tidak hanya di dunia maya tetapi juga dunia nyata.



No comments: